Kegiatan » Wakajati Jateng: Pengawalan Dana Desa untuk Cegah Penyelewengan

Wakajati Jateng: Pengawalan Dana Desa untuk Cegah Penyelewengan

Friday, 15 September 2017

SALAMI KADES: Wakajati Jateng, Priyanto saat menyalami para Kades usai menyampaikan arahan dan masukan terkait penggunaan dana desa di wilayah Kabupaten Semarang
 
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

UNGARAN – Dalam rangka mengawal dan mengamankan implementasi dana desa, Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) melaksanakan sosialisasi dana desa dan TP4D kepada seluruh kepala desa (Kades) di wilayah Kabupaten Semarang, di Gedung Monumen PKK Jl Letjen Suprapto Ungaran (24/8).

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jateng  Priyanto, Bupati Semarang Mundjirin, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Semarang  Raharjo Budi Kisnanto, Pimpinan Cabang Bank Jateng Ungaran Ismanto, Kasi Intel Kejari Kabupaten Semarang Erwin, dan Inspektur Kabupaten Semarang, Soemardjito.

”Kami siap mendampingi setiap kepala desa untuk penggunaan dana desa, agar tidak ada penyelewengan penggunaan dan melindungi setiap kepala desa dari jeratan hukum,” kata Wakajati Jateng, Priyanto.

Wakajati mengatakan tujuan presiden perihal dana desa ini adalah agar setiap desa warganya merata sejahtera. ”TP4D kenapa aktif sosialisasi, karena kami bertujuan memastikan pembangunan benar-benar bermanfaat, dan dapat dinikmati masyarakat luas. Yang pada akhirnya akan mendorong percepatan ekonomi nasional, khususnya di pedesaan,” kata Wakajati.

Menurut Wakajati, dana desa tersebut dari rakyat (pajak dan lain-lain) dan kemudian dikembalikan ke rakyat  supaya bisa dipergunakan untuk kepentingan kemajuan masyarakat. ”Kerjalah dengan jujur. Dana desa jangan dipergunakan untuk aneh-aneh, jika memang ditemukan maka langsung kami sikat dengan tipikor (tindak pidana korupsi). Jika ada jajaran Kajari yang macam-macam segera langsung laporkan saya di Kejati Jateng,” tegas Wakajati.

Ketika ditanya apakah pihak Kejaksaan sudah menemukan temuan terkait dana desa yang sifatnya merugikan, Wakajati menjawab: Jateng ada temuan tapi kami kembalikan karena sifatnya pencegahan bukan penindakan.

”Apabila dana desa tidak dikelola dengan baik, maka tahun depan kemungkinan tidak ada lagi. Dan saya pesan kepada semua pihak untuk menghilangkan sifat arogansi,” ungkap Wakajati.

IKUTI SOSIALISASI: Kajari Kabupaten Semarang Raharjo Budi Kisnanto dan Kasi Intel Kejari yang juga Ketua TP4D Kejari, Erwin saat menyampaikan materi sosialisasi terkait penggunaan dana desa.

Kajari Kabupaten Semarang Raharjo Budi Kisnanto mengatakan, karena TP4D sifatnya mendampingi  setiap Kades jangan ragu dan takut untuk menggandeng Kejaksaan dan jajarannya jika menemui masalah atau masih bingung tentang dana desa. Baik itu penggunaan, aturannya, dan lain-lain.

‘’Jangan lupa anggap Kejaksaan sebagai rumah kedua dalam arti yang positif. Kami juga berpesan agar dana desa bisa digunakan sebaik-baiknya untuk kegiatan desa dan kepentingan masyarakat,’’ kata Kajari.

Bupati Semarang Munjirin juga mempersilakan dana desa dipakai untuk pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan pembangunan infrastruktur desa. ”Dana desa silahkan digunakan, jangan dibiarkan mengendap di bank. Dana desa untuk kepentingan warga, pelajari aturannya. Jika bingung segera konsultasi dengan Kejaksaan setempat. Tidak perlu takut,” kata Bupati.

Kasie Intel Kejari Kabupaten Semarang, Erwin mengatakan, permohonan pengawalan dana desa sudah masuk sejak Maret. ‘’Kegiatan yang sudah kami laksanakan adalah sosialisasi dan monitoring. Ke depannya akan dilakukan evaluasi,” katanya.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh 240 orang yang terdiri atas 13 orang dari perangkat desa, 19 orang camat dan 208 kepala desa. Sedangkan dana desa untuk Kabupaten Semarang adalah Rp 165.688.573.000.



Kegiatan Lainnya
Tuesday, 17 April 2018

PENYULUHAN HUKUM PADA MASYARAKAT MANYARAN SEMARANG, PERLUNYA REMAJA SEKARANG MENDAPAT INFORMASI MENGENAI PENGGUNAAN GADGET DAN BAHAYA NARKOBA

  Kejati Jateng melaksanakan penyuluhan bagi remaja RW 1 Kelurahan Manyaran. Hadir sebagai narasumber Jaksa fungsional bid intelijen kejati jateng, Andy odang muhammad sunan...
Tuesday, 05 December 2017

UPACARA HUT KORPRI PADA KEJATI JATENG

Semarang, 29 Nopember 2017 – Dalam rangka peringatan HUT Korpri yang ke-46, Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah mengadakan upacara yang berlangsung di halaman kantor Kejaksaan Tingg...
Tuesday, 05 December 2017

PENERANGAN HUKUM JAKSA MASUK SEKOLAH PADA SMPN 2 SEMARANG

Pada hari kamis tanggal 30 Nopember 2017 telah berlangsung kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS), acara yang berlangsung di SMPN 2 Semarang ini di ikuti oleh sekitar 200 siswa SMPN 2 ...
Friday, 15 September 2017

TP4D Kejati Jateng Minta Pembangunan RTH Bajomulyo Pati Disempurnakan

Kegiatan pekerjaan fisik Satker Pengembangan Kawasan Permukiman RTH Bajomulyo, Bendarwetan dan Kudukeras di Kecamatan Juwana . Kabupaten Pati Jawa Tengah, kemarin. Want create site...

PENCARIAN PERKARA

 

TAUTAN

 
 
 
 

STATISTIK PERKARA

 

STATISTIK JAKSA & PEGAWAI

 

RENJA KEJAKSAAN RI

 

RENJA KEJATI JATENG

 

BURONAN KEJATI

Jika Anda mempunyai informasi buronan ini, Anda dapat menghubungi:

+62-24-8413985