Kegiatan » Proyek SUTT PLN Senilai Rp 60 Miliar Dikawal TP4D Kejati Jateng

Proyek SUTT PLN Senilai Rp 60 Miliar Dikawal TP4D Kejati Jateng

Wednesday, 02 August 2017

Proyek SUTT PLN Senilai Rp 60 Miliar Dikawal TP4D Kejati Jateng

SEMARANG – Proyek Strategis Nasional di PLN, yakni pekerjaan rekonduktoring Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Ungaran – Mranggen – Purwodadi, khususnya tahap kompensasi Right Of Way (ROW), mendapat pengawalan dan pendampingan Sub Tim 4 Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejati Jateng yang diketui M.A Munir. Dalam rapat pemaparan di kantor PLN Jl Jenderal Gatot Subroto 201, Kabupaten Semarang (26/7), disebutkan anggaran kegiatan untuk tahap kompensasi ROW sebesar kurang lebih Rp 60 miliar.

SUTT 150 kV Ungaran – Mranggen – Purwodadi digunakan untuk menyalurkan energi listrik dari PLTU Tanjung Jati Jepara dan PLTU Rembang ke pusat beban di Ungaran. Begitu juga sebaliknya jika PLTU Tanjung Jati atau PLTU Rembang tidak beroperasi atau saat pemakaian listrik oleh masyarakat tinggi. “Pesatnya pertumbuhan pemakaian tenaga listrik, baik untuk industri maupun rumah tangga, menjadikan SUTT tersebut terbebani maksimal, sehingga saat-saat tertentu pengoperasian SUTT menjadi tidak andal dan tidak fleksibel,” kata Suratno dari bagian teknis PLN.

Dikatakan, agar pengoperasian SUTT dapat optimal kembali, kapasitas penyaluran tenaga listrik harus dinaikan dengan cara rekonduktoring SUTT tersebut. “Nilai positif setelah selesai rekonduktoring cukup banyak. Antara lain, dapat mengalirkan energi listrik lebih besar, meningkatkan kualitas tegangan di sub sistem Jateng bagian utara – timur.

Menjaga keandalan sistem tenaga listrik di sub sistem Jateng bagian utara –timur, dan meningkatkan fleksibilitas operasi di sub sistem Jateng bagian utara – timur. ‘’Yang dimaksud meningkatkan fleksibilitas adalah jika ada perbaikan jaringan listrik besar di wilayah yang masuk rekonduktoring, tidak perlu ada lagi proses pemadaman listrik,” ungkap Suratno.

Kendala pekerjaan yang dihadapi, menurut Suratno, pekerjaan dihentikan masyarakat yang menuntut adanya kompensasi ROW, dan baru dapat dilanjutkan setelah pembayaran kompensasi ROW dilakukan oleh PLN. “Tahap kompensasi ROW ini rentan terjadi masalah yang rumit, maka dalam tahap ini kami mohon pengawalan dan pendampingan dari TP4D Kejati jateng,” ungkap Suratno.

Terkait masalah itu, Asisten Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Negara (Asdatun) Kejati Jateng, I Putu Gede Sudharma menyatakan, masyarakat sekarang sangat melek hukum, sehingga jangan sampai ada gugatan-gugatan muncul yang bisa menghambat pekerjaan.

‘’Tapi tetap hormati hak atas tanah dan benda, jangan sampai merugikan masyarakat. Beri pengertian kepada masyarakat yang sejelas-jelasnya bahwa ini adalah kepentingan negara yang hasilnya untuk masyarakat luas,’’ ungkapnya. Asdatun juga mengingatkan tentang pesan Kajati, yakni TP4D harus benar-benar mengawal sampai selesai semua permohonan pengawalan yang masuk, termasuk PSN PLN ini.
.
Sekretaris TP4D Kejati Jateng, Wiranto, meminta agar segera dipetakan kemungkinan hambatan yang akan muncul di lapangan saat proses kompensasi ROW berjalan, dan bagaimana teknis pembayaran secara detil.

Sementara Ketua Sub Tim 4 TP4D Kejati Jateng, M.A Munir menyarakan agar dilakukan pendekatan terhadap tokoh masyarakat. ‘’Siapa tokoh yang berpengaruh kita dekati, kemudian kita rangkul yang berseberangan, tanpa harus merugikan,” katanya.



Kegiatan Lainnya
Friday, 15 September 2017

TP4D Kejati Jateng Minta Pembangunan RTH Bajomulyo Pati Disempurnakan

Kegiatan pekerjaan fisik Satker Pengembangan Kawasan Permukiman RTH Bajomulyo, Bendarwetan dan Kudukeras di Kecamatan Juwana . Kabupaten Pati Jawa Tengah, kemarin. Want create site...
Friday, 15 September 2017

TP4D Kejati Ukur Kembali Proyek Cipta Karya sebelum Serah Terima

PENGKURAN - Sub Tim 4 TP4D mengawal proses pengukuran kembali sebelum tahap PHO dilaksanakan.   Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins. PATI &ndash...
Friday, 15 September 2017

Sekda: TP4D Beri Ketenangan OPD Laksanakan Kegiatan

SOSIALISASI; Sosialisasi pengawalan dana desa di Kota Magelang.(foto dok) Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.   MAGELANG – Keberadaan Tim...
Friday, 15 September 2017

Wakajati Jateng: Pengawalan Dana Desa untuk Cegah Penyelewengan

SALAMI KADES: Wakajati Jateng, Priyanto saat menyalami para Kades usai menyampaikan arahan dan masukan terkait penggunaan dana desa di wilayah Kabupaten Semarang   Want create...

PENCARIAN PERKARA

 

TAUTAN

 
 
 
 

STATISTIK PERKARA

 

STATISTIK JAKSA & PEGAWAI

 

RENJA KEJAKSAAN RI

 

RENJA KEJATI JATENG

 

BURONAN KEJATI

Jika Anda mempunyai informasi buronan ini, Anda dapat menghubungi:

+62-24-8413985